PERUM JASA TIRTA I adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ditugasi untuk menyelenggarakan pemanfaatan umum atas air dan sumber-sumber air yang bermutu dan memadai bagi pemenuhan hajat hidup orang banyak, serta melaksanakan tugas-tugas tertentu yang diberikan Pemerintah dalam pengelolaan wilayah daerah aliran sungai (DAS). Perusahaan Umum Jasa Tirta (PJT) pada awalnya didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 5 Tahun 1990 tanggal 12 Februari 1990 untuk melaksanakan sebagian tugas dan wewenang Pemerintah dalam pengelolaan air dan sumber-sumber air serta prasarana pengairan di DAS Brantas yang meliputi 40 (empat puluh) sungai.
Konsep pendirian suatu BUMN yang memberi pelayanan air untuk membiayai pemeliharaan prasarana pengairan, merupakan hasil pengembangan wacana dari sejumlah tokoh dalam teknokrasi sumberdaya air, seperti Sutami, Suyono Sosrodarsono, Soeryono dan Soenarno. Para tokoh tersebut telah melihat, pengelolaan sumberdaya air tidak dapat dipisahkan dari partisipasi finansial para pengguna dan penerima manfaat layanan air.
Tujuan dari pendirian PJT adalah untuk mengembangkan konsep pengelolaan sumber daya air yaitu pengelolaan oleh institusi yang netral dan professional yang menerapkan secara seimbang norma-norma pelayanan yang prima dan tepercaya dengan kaidah-kaidah pengelolaan perusahaan yang sehat dengan memperoleh dukungan dari para pemilik kepentingan (stakeholders).
Perum Jasa Tirta I sebagai BUMN yang bergerak di bidang Pengusahaan dan PengelolaanSumber Daya Air, memberi kesempatan kepada lulusan terbaik untuk mengisi lowongan pada
bidang pekerjaan dengan jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
Persyaratan:
- Laki-laki
- Usia pada waktu mengajukan lamaran maksimum 25 tahun per 1 September 2017.
- Nilai Rata-rata Ijazah Minimal 7,00
- Berikut adalah dokumen yang harus diupload pada saat pendaftaran online:
- Daftar riwayat hidup / CV
- Scan Dokumen :
- Ijazah & Transkrip Akhir Tahun Pendidikan, dilegalisir. Bagi yang belum memiliki
- Ijazah harap menyertakan surat pernyataan lulus asli berikut transkrip nilai);
- Kartu Tanda Penduduk (KTP);
- Surat Keterangan Lahir (Akte Kelahiran);
- Surat Keterangan Berkelakuan Baik/ SKCK yang masih berlaku;
- Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Instansi yang berwenang;
- Surat Keterangan kerja dari perusahaan tempat bekerja sebelumnya (bila sudah
bekerja); - Sertifikat Kemampuan Mengoperasikan Komputer, minimal Microsoft Office;
- Sertifikat / Piagam penghargaan yang lainnya (bila ada);
- Pas Foto terbaru berwarna Ukuran 4 X 6 ( 2 lembar );
- Tes Pengetahuan Akademik & Umum
- Tes Kesehatan Tahap I
- Tes Psikologi
- Tes Kesehatan Tahap II (General Check Up)
- Wawancara
Keterangan :
- Pendaftaran berakhir sampai 10 September 2017 dan proses rekrutmen tidak dipungut biaya